CERITA GOWES 24 April 2011

26 04 2011

Cerita Gowes ini saya buat atas permintaan sebagian besar anggota komunitasGOWES yang sangat terkesan dengan acara gowes Minggu kemarin. Sayangnya saya sendiri ga ikut dalam gowes dengan tujuan sembilangan tersebut karena harus mengantar istri ke rumah orangtua di Jakarta😦, jadilah cerita ini saya buat atas dasar cerita dari para narasumber yang bikin saya geregetan untuk ikut menikmati track gowes minggu berikutnya, boleh dibilang pendekatan nich…biar minggu besok acara gowesnya ke track yang sama hahahaha……🙂

Minggu Pagi tanggal 24 April 2011, cuaca mendung dengan sedikit gerimis namun tidak menyurutkan niat komunitasGOWES untuk melaksanakan kegiatan gowes bersama….anggota komunitasGOWES berkumpul di Basecamp bersiap-siap untuk melakukan acara gowes bersama. Diawali doa bersama dipimpin oleh Om Samsul dilanjutkan dengan briefing soal keamanan berkendara di jalan dan pembagian tugas dari Om samsul yang meminta Om Mukmin sebagai Leader Team, Om Agus Purnomo sebagai wing-1 dan Om Ismu sebagai Wing-2, sementara Om Agus Bonie dipercayakan sebagai Sweeper. Sebelum berangkat seluruh anggota  melakukan yell bersama dengan meneriakkan “BPC……Gowesss………….” lalu dimulailah petualangan komunitasGOWES…………

Di dalam perjalanan menuju lokasi tujuan gowes yakni sembilangan terjadi crowded, dimana anggota yang dipercaya untuk menjaga rombongan dibelakang sebagai sweeper yakni Om Agus Bonie ternyata meninggalkan posisinya dibelakang rombongan dan melaju ke depan, karena posisi sweeper kosong Om Ismu yang dipercaya sebagai wing-2 mundur ke posisi sweeper, sehingga hanya Om Agus Purnomolah yang menjadi wing untuk menjaga keutuhan rombongan. Agar memahami penjelasan tersebut ada baiknya kita melihat gambar dibawah ini :

Klik gambar untuk memperbesar

Atas kejadian tersebut Om Agus Purnomo mengalami kelelahan fisik karena harus menjaga keutuhan rombongan sedemikian panjang sendirian sehingga seringkali dia harus melakukan speed (memacu sepedanya dengan kecepatan tinggi) untuk memperingatkan rombongan didepan agar menunggu rombongan yang terpisah dibelakang dengan memperlambat speednya. Mungkin karena faktor tersebut ditambah medan yang tidak mulus meski menurut seluruh peserta gowes track tersebut sangat menantang yakni jalan tanah berbatu-batu, sehingga om Agus Purnomo kehilangan focus dan tidak tahu kemana Om Mukmin sebagai leader team berbelok. Mulailah rombongan terpecah 2, Leader team membawa 6 orang anggota berbelok ke kanan sementara Om Agus Purnomo dan 14 orang anggota mengambil jalan ke arah kiri.

"komunitasGOWES dengan Lead Om Mukmin"

"KomunitasGOWES dengan Lead Om Mukmin"

"komunitasGOWES dengan Lead Om Agus Purnomo"

Parahnya lagi, ternyata inisiatif Om Fathoni untuk mengejar rombongan Om Mukmin yang dikira terlalu jauh didepan malah memecah kelompok Om Agus Purnomo menjadi 2, Sebagian ada yang ikut Om Fathoni sementara yang lain tetap bersama om Agus Purnomo. Om Fathoni yang memimpin rombongan ke-3 akhirnya sampai di pinggir muara yang menjorok ke arah laut dan menunggu rombongan Om Agus Purnomo disitu.

Muara Sungai

Perahu penyeberangan alias "eretan"

Lama ditunggu tak muncul, timbul kekhawatiran dari Om fathoni bahwa Om Agus dan rombongannya mencari jalan lain, sehingga Om Fathoni dan rombongannya kembali ke jalan dimana mereka meninggalkan rombongan Om Agus Purnomo. Alhamdulillah akhirnya rombongan tersebut kembali bertemu di sebuah hutan kecil yang dijuluki om Fathoni “HUTAN TABLO” karena ternyata dijumpai rombongan Om Agus malah sedang asyik ngopi dan foto-foto dengan “TAmpang BLOon-nya” hehehehe…bisa aja Om fathoni kasih nama. berikut penampakan penghuni hutan TABLO…..

Om Samsul tiba-tiba menerima telpon dari salah satu rombongan Om Mukmin yakni Om Iyan yang menanyakan posisi, ditengah kebingungan karena ga tau sedang berada dimana muncullah sang Superman aeh sang penolong yakni Om Rahanto dan Om Bibit yang dengan sangat meyakinkan menerangkan bahwa mereka tahu jalan pulang hanya saja memang harus menyeberangi muara alias Naik perahu penyeberangan/ERetan. Akhirnya dengan semangat yang demikian tinggi (karena lapar mungkin hehehehe…..), seluruh rombongan berani menyeberangi sungai dengan menaiki perahu/eretan walau ada salah satu anggota yang gemeteran dan ngitungin awan terus sambil foto-foto coz ga berani liat ke bawah…Jiakakakaka…SIAPA TUCH???

Sampai diujung penyeberangan / CBL rombongan Om Agus Purnomo sudah ditunggu oleh rombongan Om Mukmin, sehingga komunitasGOWES menyatu kembali dalam satu rombongan dan pulang melalui rute yang sama. Akhirnya sampai di basecamp karena waktu juga sudah siang seluruh Anggota komunitasGOWES sarapan nasi uduk bersama dengan Om Ismu sebagai tuan rumahnya.

Catatan Penulis:

– Hikmah yang bisa diambil dari perjalanan gowes kali ini adalah pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan, jika tidak pasti ada yang akan merugi contoh kasus kali ini adalah rugi waktu karena banyak waktu terbuang hanya untuk saling menungu sehingga rombongan kembali ke rumah sudah menjelang siang (panas terik).

– Koordinasi antar penanggungjawab rombongan (Team leader, Wings dan Sweeper) tidak berjalan baik, mungkin perlu ada koordinator lapangan/Korlap yang terus mengingatkan para pengemban amanah itu untuk tetap menjalankan tugas dan fungsinya demi keamanan dan kenyamanan bersama.

– Jalankanlah Fungsi Leader Team, Wings dan Sweeper sesuai dengan petunjuk, saya mengamati cerita Om Agus Purnomo kenapa sampai kepayahan/kelelahan fisik karena ternyata dia ikut menjaga Om Dayat dan Om Dauz yang berada di posisi belakang (yang sedang dalam kondisi kurang sehat) sehingga begitu rombongan terpisah dia harus melakukan speed yang panjang ke depan untuk mengingatkan leader team untuk melambat, sehingga akibat seringkali rombongan terpisah maka tenaganya terkuras untuk itu.

Demikian cerita ini saya buat dengan harapan Minggu besok HARUS KE SANA LAGI..Jika Tidak….(titik-titik) !!!

Post by. om mufti


Aksi

Information

One response

26 04 2011
Ismu - Comrade XC72

good article but I was really scared and traumatized when the rowing boat ride across the river in sembilangan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s