Bersepeda Bisa Mencegah Penyakit

23 02 2011

Agar bisa tampil fit dan otomatis sehat, secara fisik kita harus aktif. Aktifitas fisik yang teratur dapat menghindari tubuh kita dari serangan jantung, kanker, diabetes, obesitas dan beberapa penyakit yang mengerikan itu. Salah satunya dengan bersepeda. Bersepeda secara teratur bisa mencegah kaum penyakit itu datang, sekaligus bisa melangsungkan gaya hidup kita.

Mengapa bersepeda ? Karena bersepeda cara yang paling aman, murah dan gampang. Kita hanya butuh antara 2 hingga 4 jam menggenjot dalam seminggu untuk mencapai katagori fitness. Selain itu bersepeda juga low impact ( tidak gampang membuat otot cedera ), menambah daya tahan dan stamina, dan jelas bersepeda itu fun.

Beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan bersepeda:

Penyakit Kardiovaskular

Jantung yang sehat menepiskan resiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Bersepeda secara rutin merangsang kerja jantung, paru-paru dan sirkulasi darah. Sebuah riset menunjukkan bahwa bersepeda juga mencegah efek polusi udara yang terpapar ke tubuh kita.

Penyakit Diabetes

Tubuh yang jarang beraktivitas, menurut sebuah riset adalah pintu pertama menuju penyakit gula ini, terutama yang tipe 2 ( tidak membutuhkan suntikan insulin ). Sebuah riset di Finlandia yang melibatkan 21 ribu orang selama 12 tahun menemukan bukti orang yang bersepeda selama 30 menit perharinya, bisa menurunkan kemungkinan terkena diabetes hingga 40 %.

Penyakit Tulang Rapuh & Arthritis

Bersepeda meningkatkan strenght ( kekuatan ) tubuh, keseimbangan dan koordinasi. Dengan 3 hal itu ada di dalam tubuh kita, kekuatan tulang akan semakin meningkat. Tentu saja asupan kalsium harus dipertahankan.

Penyakit Obesitas

Bersepeda meningkatkan metabolisme tubuh, mengencangkan otot dan membakar lemak. Jika kita ingin bebas dari obesitas/kegemukan, dipadu dengan program diet makanan, kita hanya perlu membakar sekitar 2000 kalori per minggu melalui latihan. Bersepeda bisa membakar 300 kalori perjam. Jika kita sehari bersepeda 30 menit saja, dalam setahun berat badan kita bisa turun sekitar 5 kg.

Sakit mental

Depresi, stress dan kecemasan dapat dikurangi hanya dengan bersepeda secara rutin. Selama bersepeda, tubuh berkeringat dan melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga kesempatan cemas dan kawan-kawannya muncul bisa dikurangi secara signifikan. Bertambah bersepeda memang enjoy, pemandangan selalu berubah tidak membosankan.

Saat ini banyak bermunculan gerakan ” Bike to Work ” yaitu bersepeda rutin ke tempat kerja, kita akan mendapat 3 manfaat utama sekaligus, Pertama, sehat dan terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya diatas. Kedua, bebas BBM dan menghemat uang transport, ingat BBM akan semakin mahal dan langka. Ketiga, ikut berperan dalam mengurangi polusi udara ( karbon ), sehingga anak cucu kita bisa menikmati bumi lebih lama kelak.

So, tunggu apa lagi, segeralah mulai bersepeda sebelum terlambat !.

Kontributor tulisan oleh Bp Agung Baskoro

( Disadur dari berbagai sumber dan majalah Cycling )


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s